Friday, December 23, 2016

Cara Melakukan Olahraga Pagi Yang Benar


Olahraga Di Pagi Hari Jika Dilakukan Dengan Benar Akan Memberikan Hasil Yang Benar Pula

Semua orang tahu kalau olahraga yang dilakukan pagi sangatlah bermanfaat bagi kesehatan. Namun tak sedikit orang yang tidak tahu cara melakukan olahraga di pagi hari secara benar. Orang-orang hanya melakukan olahraga tanpa melakukan berbagai persiapan, akibatnya setelah melakukan olahraga badan terasa pegal-pegal dan kondisi fisik menjadi menurun.

Pentingnya mengetahui teknik olahraga yang benar adalah supaya olahraga yang kita lakukan akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan dan tubuh kita. Melakukan olahraga yang benar akan memberikan kesan badan menjadi sehat, segar, dan kebugaran tubuh meningkat. Hal ini tentunya sudah terbukti dan sudah menjadi fakta bukan mitos yang mengada-ngada.

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, manfaat lain melakukan olahraga pagi adalah terhindar dari berbagai jenis penyakit. Mulai dari sakit ringan seperti flu, deman, dan batuk., sampai penyakit ganas seperti serangan jantung, stroke, maupun gangguan pernafasan bisa bisa kita hindari asalkan rajin olahraga.

Semua kebaikan dan manfaat olahraga bisa didapatkan oleh siapa saja, termasuk Anda. Asalkan Anda tahu teknik yang tepat seperti persiapan, pemilihan waktu, dan jenis olahraga yang sekiranya sangat cocok untuk tubuh Anda. Sangat penting memilih jenis olahraga yang cocok untuk anda, karena setiap orang memiliki kondisi serta kemampuan fisik berbeda. Jadi, jangan disamaratakan.


Berikut Cara Berolahraga Pagi Yang Tepat dan Benar Versi AnakRegular :

1. Awali  dengan minum air

Minum air (putih) saat hendak melakukan olahraga sangatlah dianjurkan. Biasakan untuk meminum air putih atau air mineral sebelum berangkat olahraga. Bahkan yang lebih baik lagi kalau Anda sering minum air putih setelah bangun tidur. Air putih sangatlah bermanfaat bagi tubuh, apalagi kalau kita minum air putih setelah bangun pagi semua racun dalam tubuh akan dikeluarkan.

Sebelum memulai olahraga, biasakan minumlah dua sampai 3 gelas air putih agar tubuh tidak kekuarangan cairan (dehidarasi) sekaligus untuk menjaga daya konsentrasi otak saat berolahraga.

2. Mulai dari jam 6 pagi

Untuk mendapatkan hasil yang menyegarkan ada baiknya Anda memulai olahraga pagi tepat pada pukul 6 pagi. Kenapa demikian? Karena pada waktu tersebut hawa pagi masih terasa sejuk, tidak dingin dan tidak panas, kondisi udara pada jam 6 akan menyehatkan organ paru-paru. Manfaatnya Anda akan terhindar dari gangguan pernafasan.

3. Melakukan Pemanasan Sebelum Olahraha

Melakukan pemanasan sebelum olahraga pagi hukumnya wajib! Coba Anda bayangkan : setelah semalaman otot tubuh beristirahat, tiba-tiba anda langsung memaksanya lari keliling komplek. Tentu otot-otot akan kaget dan beresiko terkena kram atau bahkan pusing-pusing sakit kepala.  Pemanasan atau stretching bisa dilakukan sekitar 5 – 10 menit dengan gerakan sederhana seperti yang pernah diajarkan di sekolah.

4. Lanjut ke joging ringan

Setelah meregangkan otot melalui pemanasan, tahap selanjutnya adalah joging (lari-lari kecil) mengelilingi komplek atau cukup sekitar rumah saja.

5. Berolahraga pagi sesuai hobi

Selain memberikan kesehatan bagi tubuh manfaat lain yang paling utama dari berolahraga di pagi hari adalah kondisi jiwa dan mental yang sehat. Tentu akan percuma jika anda melakukan olahraga tanpa perasaan suka cita.  Oleh karena itulah, pilih jenis olahraga yang anda sukai dan sesuai dengan hobi masing-masing. Bisa bersepeda, bulu tangkis, bola basket atau sekedar lari beberapa kali putaran.

Tambahan :

Selain melakukan 5 hal diatas sebelum melakukan olahraga pagi. Ada baiknya bila Anda juga bisa memilih dan memilah jenis makanan-makanan yang sehat dan baik sebelum dan sesudah melakukan olahraga pagi.

Salah satu makanan yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga adalah pisang. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari pisang ini. Pisang dapat dicerna secara cepat untuk kemudian diolah menjadi energi. Satu buah pisang menyediakan magnesium, karbohidrat, serta kalium yang bermanfaat bagi anda.

Apabila anda berencana melakukan kegiatan olahraga yang memakan waktu lama, sebaiknya menyempatkan waktu untuk sarapan. Jika memungkinkan, pilihlah Oatmeal karena kandungan karbohidrat dan protein yang terbilang tinggi. Hindari makan makanan yang banyak mengandung serat dan lemak.

Dari penjabaran di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa cara melakukan olahraga pagi yang tepat dan benar dimulai dari minum air putih sebelum berangkat pemanasan. Yang tidak kalah penting, pilihlah olahraga yang sesuai dengan hobi anda masing-masing agar didapat manfaat yang lengkap yaitu sehat jasmani dan rohani.

No comments:

Post a Comment