Friday, December 23, 2016

12 Kebiasaan Sehat di Pagi Hari yang Wajib Anda Lakukan


Luangkan Waktu untuk Berdoa

Setelah bangun, sebaiknya sempatkan waktu untuk berdoa terlebih dahulu. Berdoa punya banyak sekali manfaat dan keutamaan. Orang yang sering berdoa, hatinya akan tentram dan terhindar dari rasa khawatir serta berbagai macam pikiran negatif.

Sempatkan untuk Berimajinasi

Ini memang agak konyol, tapi memang harus kita akui bahwa imajinasi itu penting. Berimajinasi mengenai keinginan dan cita-cita akan membuat kita semakin bersemangat dan termotivasi untuk menggapai keinginan tersebut.

Imajinasi sering kali menghasilkan berbagai ide-ide baru yang inovatif dan terbarukan. Sobat pasti kenal dengan seorang ilmuan yang bernama Albert Einstein. Beliau adalah salah seorang yang mempercayai bahwa imajinasi itu penting.

Ini buktinya...
Banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan setelah bangun tidur di pagi hari, mulai dari berolahraga, belajar, melamun, dan lain sebagainya.

Nah, kali ini saya akan membagikan 12 kebiasaan sehat yang bisa sobat lakukan setelah bangun tidur di pagi hari.

12 Kebiasaan ini sudah saya urutkan, jadi sobat tinggal mempraktekannya saja.

Penasaran ?

Langsung saja...

Cekidottt..


Bangun Pagi Sekali

Bangun pagi atau bangun lebih awal, sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebaiknya sobat membiasakan bangun antara jam 3 atau jam 4 pagi, kedua waktu tersebut sangat cocok dan terbukti menyehatkan tubuh. Bangun lebih awal juga akan membuat tubuh sobat lebih segar.

Beberapa manfaat yang didapatkan, jika sobat bangun lebih awal diantaranya adalah...

Punya cukup waktu untuk berolahraga dan melakukan kegiatan lainnya
Tubuh akan terasa lebih segar dan bugar
Mencegah terjadinya penuaan dini
Membuat tubuh nampak awet muda
Terhindar dari sifat malas
...dan masih banyak lagi. Mulai sekarang biasakanlah untuk bangun pagi, dan rasakan manfaatnya.

Rencanakan Apa yang Akan Anda Lakukan Hari Ini

Planing atau perencanaan merupakan dasar untuk meraih kesuksesan. Dengan adanya planing, semua kegiatan yang akan kita lakukan akan berjalan lancar dan terkordinasi.

Ketika bangun tidur, sebaiknya sobat menyempatkan waktu untuk merencanakan apa kegiatan sobat hari ini, apa yang akan sobat lakukan, dan dengan siapa melakukannya.

Jika hal tersebut dilakukan setiap hari dan menjadi kebiasaan, maka bisa dipastikan hidup sobat akan lebih teratur, sehingga sobat akan terhindar dari yang namanya stres.

Buat Target yang Realistis

Setelah melakukan perencanaan, sobat juga harus membuat suatu target atau pencapaian yang ingin sobat dapatkan hari ini. Misalnya, saya hari ini punya target untuk mendapatkan nilai ulangan matematika 90.

Ingat ?

Sobat harus membuat target yang realistis atau target yang kemungkinan bisa sobat capai. Jangan membuat target yang berlebihan dan tidak masuk akal. Misalnya, saya hari ini tidak belajar, tetapi saya punya target untuk mendapatkan nilai ulangan matematika 100.

Memang hal seperti itu sah-sah saja dilakukan, tetapi jika sobat sering mengalami kegagalan karena tidak bisa mencapai target tersebut, maka kemungkinan terjadinya stres ataupun depresi akan semakin besar, dan itu artinya mengancam kesehatan sobat.

Minum Segelas Air Putih

inum air putih setelah bangun tidur merupakan kebiasaan wajib yang menyehatkan. Bayangkan, selama kita tidur kurang lebih 6-8 jam per malam, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan sedikit pun. Karena itu, minum air putih harus menjadi salah satu prioritas utama yang sebaiknya kita lakukan ketika bangun tidur.

Beberapa manfaat yang kita dapatkan jika meminum air putih setelah bangun tidur diantaranya adalah...

Tubuh akan terasa lebih segar dan rasa mengantuk pun akan hilang secara perlahan
Bermanfaat membuang racun dalam tubuh
Menyehatkan dan membersihkan saluran pencernaan
Melancarkan peredaran darah dan pasokan oksigen ke seluruh tubuh
Menstabilkan proses metabolisme
...dan masih banyak lagi.

Minum Madu dengan Air Hangat

Ini adalah pilihan opsional, artinya boleh sobat lakukan ataupun tidak. Tetapi akan lebih baik jika sobat melakukannya.

Meminum madu yang dicampur dengan air hangat akan membuat kondisi perut di pagi hari menjadi lebih nyaman, sehingga terhindar dari kembung dan juga sembelit.

Meminumnya secara rutin akan membantu meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan usus.

Olahraga

Waktu yang paling baik untuk olahraga adalah di pagi hari, setelah kita bangun tidur. Sebab, selama kita tidur, anggota tubuh sama sekali tidak digerakan secara aktif.

Karena itu, ketika bangun tidur, tubuh harus kita gerakan secara aktif dengan cara berolahraga agar semua organ tubuh kembali bekerja optimal seperti semula.

Berolahraga ringan di pagi hari seperti berjalan, jogging, bersepeda, dan olahraga lainnya akan menjaga tubuh sobat tetap bugar dan membantu meningkatkan konsentrasi saat bekerja.

Sobat tidak harus melakukannya dalam waktu lama, 30 menit atau satu jam berolahraga sudah lebih dari cukup. Yang terpenting, sobat harus melakukannya setiap hari secara rutin.

Jangan Lupa Mandi

Pasti sudah pada tahu kan kalo mandi itu wajib kita lakukan setiap harinya. Mandi merupakan upaya untuk membersihkan badan dari berbagai kotoran yang menempel.

Mandi yang dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur sangat efektif untuk mengusir rasa kantuk dan membuat tubuh menjadi segar.

Sarapan yang Sehat

Sarapan bukan hanya asal kenyang saja, tetapi harus sarapan sehat.

Seperti apa sarapan sehat ?

Yang pastinya menu sarapannya merupakan makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi, mulai dari nasi, buah, sayuran, dan susu sebagai pelengkap.

Minumlah Jus Buah

Meminum jus buah atau sayuran di pagi hari jauh lebih baik dibanding meminum minuman berkafein seperti kopi dan teh. Kafein memang mempunyai khasiat stimulan yang dapat menghilangkan rasa kantuk, tetapi konsumsi minuman kafein yang berlebihan akan berdampak buruk terhadap kesehatan.

Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Berjemur di bawah sinar matahari pagi memiliki berbagai manfaat, mulai dari menyehatkan tulang, menghaluskan dan menutrisi kulit, dan juga membuat tubuh awet muda. Sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang, sedangkan kadar radiasi UltraViolet di pagi hari sangat minim, sehingga baik untuk kesehatan kulit.

Nah...

Udah selesai. Itu dia 12 kebiasaan sehat di pagi hari yang wajib sobat lakukan. Semoga artikel ini bisa mengubah kehidupan sobat jadi lebih baik dan lebih sehat pastinya. Jangan lupa share dan like ya...


No comments:

Post a Comment